TUGAS PROFESI KEPENDIDIKAN
“Indikator Penilaian PK Guru"
Disusun Oleh :
LINDA FITRI
ANDRIYANI
K2513040
PTM/B
PENDIDIKAN
TEKNIK MESIN
JURUSAN
PENDIDIKAN TEKNIK KEJURUAN
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
SEBELAS MARET
SURAKARTA
2015
|
|
|
|
|
|
|
|
Skor
|
|
|
|
Indikator
|
Tidak ada
|
Terpenuhi
|
Terpenuhi
|
|
|
bukti (Tidak
|
|
|
|||
|
sebagian
|
seluruhnya
|
|
|
|
|
terpenuhi)
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
1. Guru melaksanakan aktivitas pembelajaran
sesuai dengan
|
|
|
|
|
|
rancangan yang telah disusun secara lengkap dan
|
0
|
![]() |
2
|
|
|
pelaksanaan aktivitas tersebut mengindikasikan
bahwa guru
|
|
|
|||
|
|
|
|
|
|
mengerti tentang tujuannya.
|
|
|
|
|
|
2. Guru melaksanakan aktivitas pembelajaran
yang bertujuan
|
0
|
1
|
![]() |
|
|
untuk membantu proses belajar peserta didik, bukan
untuk
|
|
|
|||
menguji sehingga membuat peserta didik merasa
tertekan.
|
|
|
|
|
|
3. Guru mengkomunikasikan
informasi baru (misalnya materi
|
0
|
1
|
![]() |
|
|
tambahan) sesuai dengan usia dan tingkat kemampuan
|
|
|
|||
belajar peserta didik.
|
|
|
|
|
|
4. Guru menyikapi kesalahan yang dilakukan
peserta didik
|
|
|
|
|
|
sebagai tahapan proses pembelajaran, bukan
semata-mata
|
|
|
|
|
|
kesalahan yang harus dikoreksi. Misalnya: dengan
|
0
|
1
|
![]() |
|
|
mengetahui terlebih dahulu peserta didik lain yang
setuju
|
|
|
|||
|
|
|
|
|
|
atau tidak setuju dengan jawaban tersebut, sebelum
|
|
|
|
|
|
memberikan penjelasan tentang jawaban yang benar.
|
|
|
|
|
|
5. Guru melaksanakan kegiatan pembelajaran
sesuai isi
|
0
|
![]()
1
|
|
|
|
kurikulum dan mengkaitkannya dengan konteks
kehidupan
|
2
|
|
(20)
|
||
sehari-hari peserta didik.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6. Guru melakukan aktivitas pembelajaran
secara bervariasi
|
0
|
1
|
2
|
|
|
dengan waktu yang cukup untuk kegiatan pembelajaran
|
0
|
11
|
![]() |
|
|
yang sesuai dengan usia dan tingkat kemampuan
belajar dan
|
|
|
|||
|
|
|
|
|
|
mempertahankan perhatian peserta didik.
|
|
|
|
|
|
7. Guru mengelola kelas dengan efektif tanpa
mendominasi
|
|
|
|
|
|
atau sibuk dengan kegiatannya sendiri agar semua
waktu
|
0
|
1
|
![]() |
|
|
peserta dapat termanfaatkan secara produktif.
|
|
|
|
|
|
8. Guru mampu menyesuaikan aktivitas
pembelajaran yang
|
0
|
1
|
![]() |
|
|
dirancang dengan kondisi kelas.
|
|
|
|||
|
|
|
|
|
|
9. Guru memberikan banyak kesempatan kepada
peserta didik
|
|
|
|
|
|
untuk bertanya, mempraktekkan dan berinteraksi
dengan
|
0
|
1
|
![]() |
|
|
peserta didik lain.
|
|
|
|
|
|
10. Guru mengatur
pelaksanaan aktivitas pembelajaran secara
|
|
|
|
|
|
sistematis untuk membantu proses belajar peserta
didik.
|
0
|
1
|
![]() |
|
|
Sebagai contoh: guru menambah informasi baru
setelah
|
|
|
|||
mengevaluasi pemahaman peserta didik terhadap
materi
|
|
|
|
|
|
sebelumnya.
|
|
|
|
|
|
11. Guru menggunakan alat
bantu mengajar, dan/atau audio-
|
0
|
1
|
![]() |
|
|
visual (termasuk TIK) untuk meningkatkan motivasi
belajar
|
|
|
|||
peserta didik dalam mencapai tujuan pembelajaran.
|
|
|
|
|
|
Total skor untuk kompetensi 4
|
|
|
(20)
|
|
|
Skor maksimum kompetensi 4 = jumlah indikator × 2
|
|
22
|
|
|
|
Persentase = (total skor/22 ) × 100%
|
|
20/22x10%
|
=90.9 %
|
|
|
Nilai untuk kompetensi 4
|
|
|
|
|
|
(0% < X ≤ 25% = 1; 25% < X ≤ 50% = 2;
|
|
|
4
|
|
|
50% < X ≤ 75% = 3; 75% < X ≤ 100% = 4)
|
|
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar