Minggu, 31 Mei 2015

TUGAS PROFESI KEPENDIDIKAN
“Indikator Penilaian PK Guru"




Disusun Oleh :
LINDA FITRI ANDRIYANI
K2513040
PTM/B



PENDIDIKAN TEKNIK MESIN
JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK KEJURUAN
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS SEBELAS MARET
SURAKARTA
2015








Skor



Indikator
Tidak ada
Terpenuhi
Terpenuhi


bukti (Tidak



sebagian
seluruhnya



terpenuhi)







1.  Guru melaksanakan aktivitas pembelajaran sesuai dengan





rancangan yang telah disusun secara lengkap dan
0
1
2


pelaksanaan aktivitas tersebut mengindikasikan bahwa guru







mengerti tentang tujuannya.





2.  Guru melaksanakan aktivitas pembelajaran yang bertujuan
0
1
2


untuk membantu proses belajar peserta didik, bukan untuk


menguji sehingga membuat peserta didik merasa tertekan.





3.  Guru mengkomunikasikan informasi baru (misalnya materi
0
1
2


tambahan) sesuai dengan usia dan tingkat kemampuan


belajar peserta didik.





4.  Guru menyikapi kesalahan yang dilakukan peserta didik





sebagai tahapan proses pembelajaran, bukan semata-mata





kesalahan yang harus dikoreksi. Misalnya: dengan
0
1
2


mengetahui terlebih dahulu peserta didik lain yang setuju







atau tidak setuju dengan jawaban tersebut, sebelum





memberikan penjelasan tentang jawaban yang benar.





5.  Guru melaksanakan kegiatan pembelajaran sesuai isi
0

1



kurikulum dan mengkaitkannya dengan konteks kehidupan
2

(20)
sehari-hari peserta didik.









6.  Guru melakukan aktivitas pembelajaran secara bervariasi
0

1
2


dengan waktu yang cukup untuk kegiatan pembelajaran
0
11
2


yang sesuai dengan usia dan tingkat kemampuan belajar dan







mempertahankan perhatian peserta didik.





7.  Guru mengelola kelas dengan efektif tanpa mendominasi





atau sibuk dengan kegiatannya sendiri agar semua waktu
0
1
2


peserta dapat termanfaatkan secara produktif.





8.  Guru mampu menyesuaikan aktivitas pembelajaran yang
0
1
2


dirancang dengan kondisi kelas.







9.  Guru memberikan banyak kesempatan kepada peserta didik





untuk bertanya, mempraktekkan dan berinteraksi dengan
0
1
2


peserta didik lain.





10. Guru mengatur pelaksanaan aktivitas pembelajaran secara





sistematis untuk membantu proses belajar peserta didik.
0
1
2


Sebagai contoh: guru menambah informasi baru setelah


mengevaluasi pemahaman peserta didik terhadap materi





sebelumnya.





11. Guru menggunakan alat bantu mengajar, dan/atau audio-
0
1
2


visual (termasuk TIK) untuk meningkatkan motivasi belajar


peserta didik dalam mencapai tujuan pembelajaran.





Total skor untuk kompetensi 4


(20)


Skor maksimum kompetensi 4 = jumlah indikator × 2

22



Persentase = (total skor/22 ) × 100%

20/22x10%
=90.9 %


Nilai untuk kompetensi 4





(0% < X ≤ 25% = 1; 25% < X ≤ 50% = 2;


4


50% < X ≤ 75% = 3; 75% < X ≤ 100% = 4)







Tidak ada komentar:

Posting Komentar